Pengaruh Perkembangan Informasi dan Teknologi

 

Pengaruh Perkembangan Informasi dan Teknologi

Sekarlangit ayuningtyas

183104101179

Artikel ini di buat guna memenuhi tugas Ilmu Budaya Dasar

Prodi Psikologi Universitas proklamasi 45 Yogyakarta

Dosen pengampu : Dr. Arundati Shinta/Amin Nurohmah S.Pd., M.Sc.

 

Kata Teknologi Informasi berasal dari kata Information Technology. Pada dasarnya Teknologi informasi berasal dari dua kata yaitu teknologi dan informasi. Dalam Kamus komputer dan teknologi informasi, teknologi diartikan sebagai kemampuan teknik yang berlandaskan pengetahuan ilmu eksakta dan berdasarkan proses teknis. Teknologi yaitu ilmu tentang cara menerapkan sains untuk memanfaatkan alam bagi kesejahteraan dan kenyamanan manusia (Febrian Jack, 2007).

 Teknologi informasi dapat didefinisikan sebagai perpaduan antara teknologi komputer dan telekomunikasi dengan teknologi lainnya seperti perangkat keras, perangkat lunak, database, teknologi jaringan, dan peralatan teknologi lainnya. Selanjutnya teknologi informasi digunakan untuk menyediakan informasi bagi para pemakai dalam rangka pengambilan keputusan.

Teknologi informasi secara implisit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga mencakup teknologi komunikasi. Dengan kata lain, teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi (Kadir, 2003: 2). Teknologi informasi merujuk pada seluruh bentuk teknologi yang digunakan untuk menciptakan, menyimpan, mengubah dan menggunakan informasi dalam segala bentuk (Supriyanto, 2008: 10).

Sejarah perkembangan teknologi informasi pada hakekatnya ditentukan oleh penemuan alat atau media untuk penyampaian atau pertukaran informasi, Bila dikaitkan dengan transfonnasi masyarakat yang diakibatkannya, dapatlah dikatakan perkembangan teknologi informasi dimulai sejak penemuan berbagai media tersebut yang tahapannya dari kertas, telepon, radio, televisi, satelit, hingga kompuier. Masing-masing penemuan tersebut dalam kurun waktu perkembangannya membawa akibat transformasi masyarakat dalam bentuk berbagai pola aktivitasnya. Segenap aspek kehidupan manusia dalam masing-masing tahapan tersebut telah mengalami perubahan dalam kecepatan yang semakin tinggi.

Media kertas telah menjadikan manusia dengan bahasa tulisnya dapat saling tukar informasi dalam jarak yang jauh. Perpustakaan, surat kabar, dan pos menjadi bagian yang sangat penting dalam aktivitas masyarakat. Namun demikian penyampaian informasi dengan media kertas ini masih memakan waktu yang lama, beberapa hari bahkan bulan, tergantung teknologi transportasi yang dipakai karena informasi disampaikan dengan benar-benar membawa kertas secara fisik. Dengan ditemukannya telepon, manusia dapat berkomunikasi secara langsung dengan bahasa lisan dalam jarak yang sangat jauh. Dalam hal ini dimensi waktu seolah ditiadakan. Sejak itu telekomunikasi menjadi prasarana yang vital dalam aktivitas bisnis. Dengan radio berbagai aktivitas masyarakat dapat disiarkan atau disebarluaskan secara langsung meskipun hanya dalam bentuk suara. Penemuan televisi dan satelit membawa dimensi baru yang lebih lengkap dalam pertukaran informasi.

Berbagai aktivitas masyarakat dapat disampaikan secara langsung  dalam bentuk infoimasi yang lebih utuh (teks, suara, dan gambar bergerak). Jadi macam teknologi informasi yang dipakai menentukan bentuk informasi yang akan disebarkan melalui media tersebut. Oleh karena itu tepat sekali apa yang dikatakan Marshall McLuhan, ahli sosiologi dari Univerisitas Toronto, bahwa bukan hanya kandungan informasi yang membawa pesan, tetapi media itu sendiri membawa pesan atau istilah populenya adalah "The media is the message".

Kehadiran komputer telah membawa perubahan dalam pola kerja manusia. Komputer sebagai alat canggih dapat diprogram untuk melakukan pengolahan data dengan cepat, akurat, dan dalam volume yang besar. Berbagai pekerjaan rumit manusia, yang akan memakan waktu lama bila dikerjakan secara manual, telah diambil alih oleh komputer. Penggunaan jaringan komputer dalam aktivitas organisasi bisnis menimbulkan berbagai cara-cara baru dalam menjalankan manajemen. Komputer telah menyentuh hampir semua aspek kehidupan manusia. Kehadiran komputer bersama dengan teknologi komunikasi telah mebawa masyarakat memasuki bentuk kehidupan yang baru yaitu era informasi.

Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dalam hubungan yang berpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan khusus dalam masyarakat. Pranata sosial berasal dari bahasa asing social institutions, itulah sebabnya ada beberapa ahli sosiologi yang mengartikannya sebagai lembaga kemasyarakatan, di antaranya adalah Soerjono Soekanto

Pranata sosial yang paling berpengaruh terhadap perkembangn informasi  menurut pandangan saya adalah  scientific institution karena pranata ini manusia lebih mudah terpengaruh dengan perkembangan dan kemajuan teknologi dan informasi untuk memudahkan manusia untuk memenuhi kebutuhanya akan mempelajari atau memahami suatu ilmu pengetahuan, hal semua itu dapat di akses de ngan mudah seiring berkembangnya alat informasi dan teknologi.

 

Sumber

Febrian, J. (2007). Kamus Komputer, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Informatika.

 Kadir, A. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi Volume 3 Nomor 2, 2019

Comments

Popular posts from this blog

baum tes dan contoh laporan baum

sampah bisa jadi duit

cara mereview jurnal